Orangtua Harus Tahu, Begini Beberapa Kiat Dampingi Anak Saat Belajar

Melukis, membuat kue, dan keluar rumah bisa dilakukan agar anak tidak jenuh. Hal ini dimaksudkan supaya dalam kegiatan pembelajaran TPQ saat mengajar iqro lebih menyenangkan dan menjauhkan anak anak dari rasa bosan. Diperlukan kejelian orang tua untuk mengetahui kemampuan tumbuh kembang anaknya, sehingga tahu ketika anak memang susah mengingat huruf dan angka. Di masa pandemi Covid-19 ini, salah satu masalah yang berkaitan dengan Pembelajaran Jarak Jauh adalah banyaknya tugas yang diberikan oleh guru.

Cara mengajar anak untuk tidak bosan

Belajar daring pun mulai direspons dengan apatis meski ada kesadaran bahwa itulah opsi terbaik dari yang terburuk saat ini. Mata Akademisi, Milenianews.com – Dimasa covid-19 ini masyarakat dunia dipaksa untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk meminimalisir penularan atau penyebaran virus covid-19. Salah satunya sektor pendidikan yang merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh .

Ajak seluruh anggota rumah untuk mengikuti kegiatan ini, agar menjadi lebih seru dan menyenangkan. Pernahkah ketika di tengah-tengah mengajar, Anda memperhatikan siswa Anda yang sedang tidak mendengarkan Anda dan asyik sendiri? Anda pasti beberapa kali mengalami hal seperti itu, dan ingin sekali membuat kelas yang menarik atau kegiatan belajar kelas lebih menarik agar anak-anak bisa fokus dan semangat dalam belajar.

Selain karena sekolah merupakan tempat anak belajar berbagai hal, sekolah juga merupakan media anak bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Kenalkan sejak dini bahwa dewasa nanti anak akan selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan manusia lainnya. Pentinganya sekolah juga dapat dipahami dengan pendidikan moral yang sangat dibutuhkan oleh negeri ini, dimana para pemerintah dan pejabat harus memiliki moral yang baik dalam mengatur bangsa ini.

Akan tetapi ketika merasa lelah atau lesu, dipaksakan belajar akan menjadi hal sia-sia. Suku kata variatif bisa segera diperkenalkan ketika mereka telah menguasai huruf tunggal. Buatlah kata-kata yang mudah dihafal dan diakhiri dengan huruf vokal. Hindari memberikan suku kata yang berakhiran huruf konsonan agar anak bisa menguasai tahap awal terlebih dahulu.

Seorang dokter anak, Gina Posner menjelaskan bahwa sebaiknya Anda mulai memperkenalkan minum dari gelas pada anak mulai dari usia four – 6 bulan. Ia juga merekomendasikan untuk menggunakan gelas atau cangkir dengan permukaan yang datar. Dengar cerita mereka tentang apa yang harus mereka lakukan dan tantangan yang mereka hadapi saat belajar. Demikian rangkuman dari kiat mengajar TPQ yang menyenangkan, yang insyaallah akan disusul dengan artikel tentang menjadi guru TPQ yang menyenangkan.

Mirei